Web Hosting

Jumat, 12 Desember 2008

ANALISIS DATA DENGAN STATISTIK

A. PENGERTIAN ANALISIS DATA

Analisis data pada dasarnya dapat diartikan sebagai berikut.

1. Membandingkan dua nilai variabel untuk mengetahui selisihnya atau rasionya kemudian diambil kesimpulannya (X - Y) = rasio.

2. Menguraikan atau memecahkan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen yang lebih kecil, agar dapat:
a> Mengetahui komponen yang menonjol (memiliki nilai ekstrim);
b> Membandingkan antara komponen yang satu dengan komponen lainnya (dengan menggunakan angka selisih atau angka rasio);
c> Membandingkan salah satu atau beberapa komponen dengan keseluruhan (secara persentase).

3. Memperkirakan atau dengan menentukan besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan suatu (beberapa) kejadian lainnya, serta memperkirakan/meramalkan kejadian lainnya . Kejadian (event) dapat dinyatakan sebagai perubahan nilai variabel.

Definisi lain dari analisis data adalah seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli berikut:

1. Menurut Patton (1980), analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar.

2. Menurut Bogdan dan Taylor (1975), analisis data adalah proses yang merinci usaha formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (ide) seperti yang disarankan oleh data dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan pada tema dan hipotesis itu.

3. Menurut Lexy J. Moleong (2000), analisis data adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data.

B. TUJUAN ANALISIS DATA

Tujuan dari analisis data adalah:
1> Memecahkan masalah-masalah penelitian;
2> Memperlihatkan hubungan antara fenomena yang terdapat dalam penelitian;
3> Memberikan jawaban terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian;
4> Bahan untuk membuat kesimpulan serta implikasi dan saran-saran yang berguna untuk kebijakan penelitian selanjutnya.

C. BENTUK-BENTUK ANALISIS DATA

Analisis data dapat berbentuk:

1> Analisis Kuantitatif
Analisis kuantitatif adalah analisis yang menggunakan alat analisis bersifat kuantitatif, yaitu alat analisis yang menggunakan model-model, seperti model matematika, model statistik, dan ekonometrik. Hasil analisis disajikan dalam bentuk angka-angka yang kemudian dijelaskan dan diinterpretasikan dalam suatu uraian.

2> Analisir Kualitatif
Analisis kualitatif adalah analisis yang tidak menggunakan model matematika, model statistik, dan ekonometrika atau model-model lainnya. Analisis data yang dilakukan terbatas pada teknis pengolahan datanya, seperti pada pengecekan data dan tabulasi. Dalam hal ini, sekedar membaca tabel-tabel, grafik-grafik, atau angka-angka yang tersedia, kemudian melakukan uraian dan penafsiran.

D. KELEBIHAN ANALISIS DATA DENGAN STATISTIK

Penggunaan statistik dalam analisis data memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut.

1> Dengan statistik memungkinkan mendeskripsikan tentang sesuatu secara eksak. Simbol-simbol verbal lebih efisien daripada bahasa verbal.

2> Dengan statistik memungkinkan seseorang untuk bekerja secara eksak dalam proses dan cara berpikir.

3> Peneliti dapat memberikan rangkuman hasil penelitian dalam bentuk yang lebih berarti dan lebih ringkas, karena memberikan aturan-aturan tertentu.

4> Dapat menarik kesimpulan umum (membentuk konsep-konsep dan generalisasi).

5> Memungkinkan untuk mengadakan ramalan.

Tidak ada komentar: