Rabu, 10 Desember 2008

KONSEP-KONSEP DASAR MANAJEMEN STRATEGIK:"Sifat dan Nilai Manajemen Strategik"

Menurut John A Pearce II dan Richard B. Robinson, Jr, manajemen strategik adalah kumpulan keputusan dan tindakan yang merupakan hasik dari formulasi dan implementasi, rencana, yang didesain untuk mencapai suatu tujuan suatu perusahaan.

Manajemen strategik terdiri atas 9 tugas kritikal sebagai berikut:
1. Memformulasi misi (mission) perusahaan, termasuk pernyataan yang luas mengenai maksud (purpose), falsafah (philosophy), dan sasaran (goal).
2. Mengembangkan suatu profil perusahaan (company profile) yang merefleksikan kondisi internalnya dan kemampuan.
3. Menilai lingkungan eksternal perusahaan, termasuk baik faktor kompetitif, maupun faktor yang berhubungan dengan konteks umum.
4. Menganalisis opsi perusahaan dengan menandingi sumberdaya perusahaan dengan lingkungan eksternalnya.
5. Mengidentifikasi opsi yang paling diinginkan dengan menilai setiap dipandang dari sudut misi perusahaan.
6. Memilih sekumpulan tujuan jangka panjang dan strategi total (grand strategies) yang akan mencapai opsi yang paling diinginkan.
7. Mengembangkan tujuan tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan kumpulan tujuan jangka panjang yang dipilih dari strategi secara keseluruhan (grand strategies).
8. Mengimplementasikan pilihan strategi dengan alat alokasi sumberdaya yang dianggarkan, yaitu memadani tugas-tugas, manusia, struktur, teknologi, dan menekankan sistem ganjaran.
9. Menilai keberhasilan proses strategik sebagai masukan untuk pengambilan keputusan masa yang akan datang.

Seperti yang ditunjukan kesembilan tugas di atas, manajemen strategik mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalian keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan, yang berhubungan dengan strategi perusahaan. Melalui "strategi", manajer mengartikan rencana berskala dasar dan berorientasi masa depan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan yang kompetitif untuk mencapai tujuan perusahaan. Suatu strategi merupakan rencana permainan perusahaan (a company`s game plan). Walaupun rencana halus merinci semua pengembangan masa yang akan datang (manusia, keuangan, dan material), rencana tersebut memberikan suatu kerangka untuk keputusan manajerial. Suatu strategi merefleksikan kesadaran suatu perusahaan mengenai bagaimana, kapan, dan dimana perusahaan akan bersaing; dan untuk maksud apa perusahaan akan bersaing. Manajemen strategik juga diberi nama lain, yaitu comprehensive planning, systematic management, strategic planning, atau long range management. Manajemen strategik mencakup aliran keputusan (stream decisions), pengembangan strategi-strategi yang efektif, cara-cara pembuat strategi (strategist) membuat kepusan, dan desain keputusan serta program.

Manajemen strategi adalah suatu falsafah (philosophy), suatu sikap (attitude), suatu cara hidup (way of life) dan suatu komitmen (commitment).

Tidak ada komentar: